Beberapa Resiko Menggunakan Lensa Kontak (Softlens)

Untuk memilih menggunakan kacamata atau lensa kontak, masih menjadi pilihan yang sangat sulit saat ini. Memang menggunakan kacamata tergolong lebih ribet atau kurang nyaman digunakan, namun lensa kontak tergolong lebih fleksibel digunakan jika dibandingkan dengan kacamata. Tapi tahukah kamu apa saja sih resiko menggunakan lensa kontak ?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai resiko yang bisa terjadi kepada anda jika menggunakan lensa kontak dan apa saja konsekuensi yang harus anda tanggung. Yuk, tanpa basa basi langsung saja kepokok utama :

  • Tekstur mata menjadi kering

Penggunaan lensa kontak tentu saja langsung ditempelkan kepada bola mata, hal ini tentu saja membuat permukaan mata menjadi kering karena adanya benda asing yang masuk kedalam mata. Kemudian masuknya lensa kontak kedalam kornea mata tentu akan membuat produksi air pada mata menjadi berkurang yang menyebabkan mata menjadi kering. Jika kondisi mata kering, tentu akan menyiksa para pengguna kontak lensa, mata akan terasa seperti gatal, perih dan sensasi terbakar. Namun untuk mengatasi hal tersebut, anda harus meneteskan obat tetes mata untuk membuat mata berair.

  • Abrasi kornea mata

Jika lensa kontak yang anda gunakan kotor, maka akan memicu orgasme kecil seperti pasir dan debu akan melukai atau menggores permukaan mata yang membuat mata terluka. Hal tersebut terjadi karena saat permukaan pasir tersebut masuk kedalam mata, maka akan ada sensasi gatal dan akhirnya digosok oleh pengguna lensa tersebut yang menyebabkan mata menjadi luka/lecet.

  • Mata menjadi merah

Ketika mata menjadi merah itu disebabkan oleh abrasi pada kornea mata dan mata kekurangan oksigen untuk melawan infeksi yang disebabkan pasir dari lensa kontak tersebut. Hal ini pasti sering terjadi oleh para pengguna lensa kontak, oleh sebab itu jangan lupa melepas lensa kontak sebelum tidur dan sering dibersihkan menggunakan cairan khusus pencuci lensa kontak.

  • Ulkus kornea

Ulkus kornea merupakan permukaan mata yang mengalami luka dan terinfeksi oleh virus atau jamur sehingga dapat menyebabkan kebutaan. Hal ini sangat serius dan harus segera ditangani dengan cepat dan tepat.

  • Keratitis

Keratitis merupakan peradangan pada kornea mata , diakibatkan karena para pengguna lensa kontak tidak membersihkan lensa kontak dengan benar dan bersih. Cedera ringan ini disebabkan oleh masuknya bakteri – bakteri ataupun jamur kepermukaan mata yang mengakibatkan mata menjadi perih, sulit membuka mata, penglihatan buram dan sangat sensitif terhadap cahaya. Jika Keratitis tidak cepat – cepat diatasi, maka akan menyebabkan gangguan penglihatan bahkan sampai menjadi kebutaan permanen.

Nah itu dia beberapa resiko jika anda menggunakan lensa kontak. Memang terlihat simple dan mudah untuk digunakan, namun kembali lagi kepada resiko yang harus anda tanggung bila anda tidak telaten merawat lensa kontak anda. Bagaimana ? Apa anda masih tertarik menggunakan lensa kontak ?

This entry was posted in Kacamata. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *